Tips Memilih Kabel Belden Original

Sudah menjadi rahasia umum bahwa setiap barang bagus dari merek ternama pasti banyak yang mencoba memalsukannya. Berbagai trik dilakukan para produsen barang imitasi ini untuk menipu atau menyamarkan para calon pembeli yang kurang teliti.
Kabel BELDEN ini salah satunya. BELDEN adalah merek ternama dalam komoditas perkabelan terutama untuk networking seperti kabel UTP.Dipasaran banyak sekali beredar Kabel BELDEN palsu yang kalau kita tidak teliti pasti akan kecewa setelah membelinya. Karena kepalsuannya tidaklah tanggung-tanggung.
Kabel BELDEN asli secara elektrik kalau diukur dengan ohm meter hanya memiliki resistansi kurang dari 0,1 ohm per meternya. Sedangkan Kabel BELDEN palsu bisa memiliki resistansi mencapai 1,1 samapi 1,5 ohm permeter. Kalau kita hanya akan menggunakan beberapa meter sih tak masalah, masih bisa dipakai. Tapi kalau sudah lebih dari 10 meter maka akan terjadi masalah, terutama untuk pemakaian pada device yang sensitif seperti pada pembuatan wajan bolic.
Untuk itu, berikut ini saya ingin berbagi pengalaman dalam hal membedakan Kabel BELDEN Asli dengan yang palsu.
  1. Yang pertama tentunya seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya, yaitu resistansi Kabel. Kabel BELDEN asli resistansinya sangat kecil. Tapi kalau untuk mengukur resistansi tidak memungkinkan, kita bisa gunakan ciri-ciri lain.
  2. Ciri kedua, dilihat dari bentuk fisik kulit luar kabel. Kabel BELDEN Original memiliki bentuk yang padat pada bungkus luarnya. Jadi seolah-olah kulit luarnya ngepres, tidak longgar seperti kabel yang palsu. Bahannya pun terbuat dari bahan yang elastis dan tidak mudah sobek meskipun biasanya lebih tipis.
  3. Ciri ketiga, Kabel BELDEN Original memiliki core dengan bahan yang berwarna tembaga seperti coklat muda kemerahan, bukan cokalat tua. Diameter masing-masing corenya pun agak besar. Sementara plastik pembungkus masing-masing core berwarna jelas terutama yang berwarna putih berstrip.
  4. Ciri keempat, hanya ada satu produk Kabel BELDEN Original yaitu buatan Amerika. Kalau ada yang bilang ada produk dari Australia dan dikatakan asli maka itu sebenarnya palsu, meskipun kondisinya lebih bagus dari kabel palsu yang lainnya.
  5. Ciri kelima, jika kita sempat melihat box Kabel BELDEN tersebut maka seharusnya kita menemukan stiker hologram disitu.
  6. Ciri keenam, ini adalah yang paling penting yaitu marking pada kulit luar kabel. Marking yang tertera pada kabel belden Asli tercetak rapi dan tertulis dengan benar. Kabel palsu biasanya memiliki marking yang kabur dan tidak tertulis dengan benar. Sebagai contoh, untuk tipe “DATA TWIST” pernah saya jumpai menjadi “DATA WIST” atau “VERIFIED” menjadi “VREFIED” dan sebagainya. Tidak mungkin pabrik sekelas BELDEN salah tulis.